Monday, April 15, 2013

Beda Campuran dan Senyawa




Campuran adalah gabungan dari 2 atau lebih zat tunggal yang terbentuk tanpa melalui reaksi kimia dan masih bisa dipisahkan. Senyawa adalah zat yang dibentuk dari dua atau lebih unsur melalui reaksi kimia dan tidak dapat dipisahkan kembali menjadi unsur asalnya.

Dalam video ini sangat jelas sekali perbedaan antara campuran dan senyawa. 

  • Dalam menit pertama terlihat besi (Fe) dicampur belerang (S) lalu diaduk sampai homogen. Ketika didekati dengan magnet terlihat zat besi (berwarna hitam) nya menempel pada magnet. Jelas sekali bahwa campuran besi dan belerang tersebut adalah campuran.
  • Dalam menit kedua campuran homogen Fe dan S dipanaskan (=mengalami reaksi kimia), terlihat belerang (berwarna kuning) terlihat meleleh dan bereaksi dengan belerang membentuk Besi (II) Sulfida. Ketika pemanasan dihentikan reaksi terus berlangsung, hal ini menunjukkan bahwa reaksi yang terjadi adalah reaksi eksoterm. Besi (II) sulfida yang terbentuk ketika didekati magnet besinya tidak menempel. hal ini menunjukkan bahwa besi (II) sulfida adalah senyawa. Reaksi yang terjadi sebagai berikut:  
         Fe + S ----> FeS

Perbedaan senyawa dan campuran:
  • Campuran memiliki komposisi campuran yang tidak tetap, sifat zat murni dalam campurannya sama dengan sifat asalnya dan zat-zat murni dalam campurannya bisa dipisahkan secara fisis.
  • Senyawa memiliki komposisi penyusunnya tertentu dan tetap, sifat senyawa berbeda sama sekali dari unsur penyusunnya dan tidak dapat dipisahkan secara fisis.


No comments :

Post a Comment