Tuesday, April 30, 2013

Efek Rumah Kaca



Apa sih EFEK RUMAH KACA itu?
Efek rumah kaca adalah proses pemanasan benda langit seperti bumi yang dipengaruhi oleh komposisi dan keadaan atmosfernya. (dikemukakan oleh Joseph Fourier tahun 1824). Gas-gas yang ada di atmosfer bumilah yang menyebabkan efek rumah kaca. Gas-gas itu disebut gas rumah kaca diantaranya CO2, SO2, NO, NO2, CH4 dan CFC.

Mengapa efek rumah kaca BAHAYA?
Efek rumah kaca sebenarnya tidak berbahaya, ia hanyalah proses alami yang terjadi di bumi yang berfungsi sebagai selimut bumi untuk menghangatkan suhu permukaan bumi sekitar 1-5oC sehingga perbedaan suhu pada siang dan malam hari tidak terlalu jauh. Tanpa ada gas rumah kaca suhu permukaan bumi bisa mencapai -25oC. Kegiatan manusia seperti kegiatan industri dan transportasi (penyumbang terbesar dalam emisi karbon), pembakaran sampah, kerusakan hutan,  menyebabkan terjadinya peningkatan gas-gas rumah kaca yang ada di atmosfer bumi.

Bagaimana PROSES efek rumah kaca itu?
(Secara jelas terlihat di video) Radiasi inframerah yang berasal dari sinar matahari masuk ke dalam permukaan sebagian diserap (25% diserap awan, 45% diserap permukaan bumi) dan sebagian lagi dipantulkan kembali (25% dipantulkan oleh awan atau partikel lainnya yang ada di atmosfer bumi dan 5% dipantulkan kembali oleh permukaan bumi). Radiasi inframerah yang dipantulkan ke angkasa luar oleh permukaan bumi tertahan oleh awan dan gas-gas rumah kaca sehingga terjadilah pemanasan. Jika gas-gas rumah kaca semakin banyak otomatis radiasi inframerah yang diserap juga semakin banyak yang mengakibatkan pemanasan global di bumi.

Apa saja DAMPAK pemanasan global pada bumi?
Dampak pemanasan global diantaranya sebagai berikut:
gbr: Mencairnya es di laut Artik

1. Mencairnya es di kutub utara
dan selatan 
2. Para ilmuwan memprediksi terjadi
peningkatan air laut akibat mencairnya
es di kutub utara dan selatan



3. Perubahan iklim yang ekstrem.
Misal: musim kemarau berkepanjangan
mengakibatkan kekeringan











No comments :

Post a Comment